Pages

Jumat, 10 Oktober 2008

Sebaik baik sahabat

Dalam buku yang aq baca ada hal yang menarik yang perlu kita ambil hikmahnya. Apalagi di zaman sekarang ini, pergaulan anak muda bahkan pergaulan orang tua sudah ya tahulah sendiri.....yaa cukup miris.....dalam buku tersebut disebutkan

Dan sekiranya berkawan seorang bodoh yang tidak menurutkan hawa nafsunya, lebih baik dari pada berkawan seorang alim yang selalu menurutkan hawa nafsunya. Maka ilmu apakah yang dapat digelar bagi seorang alim yang selalu menurutkan hawa nafsunya itu, sebaliknya kebodohan apakah yang dapat disebutkan bagi seorang yang sudah mengekang (menahan hawa nafsunya.

Bagai mana akan dinamakan bodoh, seorang yang telah dapat menahan dan mengekang hawa nafsunya, sehingga membuktikan bahwa semua amal perbuatannya hanya semata-mata untuk keridha'han Allah SWT dan bersih dari dorongan hawa nafsu. Sebaliknya apakah arti suatu ilmu yang tidak dapat menahan dan memimpin hawa nafsu dari sifat kebinatangan dan kejahatan.

Ahli syair berkata
" Siapa bergaul dengan orang-orang yang baik, akan hidup mulya. Dan yang bergaul dengan orang-orang yang rendah akhlaqnya pasti tidak mulya ".

Mari sama-sama belajar dan berdo'a, agar kita mampu untuk berbuat sebaik mungkin untuk menghindari dari hal-hal tercela dan semoga kita dijauhkan dari hal-hal yang tidak baik.

Tidak ada komentar: